Jumat, 22 Januari 2016

Interaction Design (IXD)



Ubiquitous computing
dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.  Ideubiquitous computingpertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan 
ratusan komputer pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.


Buxton (1995) menyatakan bahwa ubiquitous computing mempunyai karakteristik utama yaitu:
Ubiquity: interaksi tidak dilakukan oleh suatu saluran melalui satuworkstation. Akses ke komputer dapat dilakukan di mana saja. Sebagai contoh, di suatu kantor ada puluhan komputer, layardisplay, dan sebagainya dengan ukuran bervariasi mulai dari tombol seukuran jam tangan, Pads sebesar notebook, sampai papan informasi sebesar papan tulis yang semuanya terhubung ke satu jaringan. Jaringan nirkabel akan tersedia secara luas untuk mendukung akses bergerak dan akses jarak jauh.
Transparency: teknologi ini tidak menganggu keberadaan pemakai, tidak terlihat dan terintegrasi dalam suatu ekologi yang mencakup perkantoran, perumahan, supermarket, dan sebagainya.


Interaction Design
 yang sering di singkat menjadi IxD ini merupakan salah satu dari disiplin ilmu dari UX yang berhubungan erat dengan HCI (Human Computer Interaction) di mana kita mempelajari hubungan antara user, tujuannya, task, pengalaman, kebutuhan dan apa yang user inginkan. Dimana dalam hal ini kita melakukan pendekatan design dengan berpusat kepada perspektif user sementara tetap berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dari sang user dengan business goals dan kemampuan teknologi yang ada.

Interactive Environment
Interactive Environment adalah antar muka berbasis teknologi yang  bereaksi dan merespon input pengguna. Interactive Environment adalah istilah   yang luas digunakan untuk mengkategorikan bentuk media berbasis komputer yang menginstruksikan, berkomunikasi, dan menghibur sebagai akibat dari tindakan pengguna. Interactive Environment dapat mengambil bentuk website dengan video tertanam, animasi, dan simulasi atau dapat digunakan untuk mendefinisikan antarmuka pelatihan dengan mekanisme media interaktif yang dioperasikan dan dikendalikan oleh pengguna.

Media Installations
dalam Media Installations anda akan merancang, mengembangkan, menginstal,menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi besar , termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen web.
Anda akan berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.Posisi ini akan mencakup rotasi pekerjaan memberikan Anda pengalaman yang lebih luas.Tujuannya adalah bahwa Anda akhirnya akan tumbuh dari menjadi Application Designer untuk seorang arsitek Aplikasi.

Application Design
application design didalamnya akan merancang, mengembangkan, menginstal, menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi dasar, termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.

Navigation Design
adalah model konseptual dari bagaimana informasi terstruktur dan terorganisasi, dan bagaimana pengguna akan mendapatkan itu semua. Kategori,subkategori dan hubungan diantaranya.
Navigation Design dapat diselesaikan hanya dengan selembar kertas atau sebuah outline di ms.word, karena hal yang perlu dipikirkan hanyalah :
– Seberapa banyak konten atau alur kerja yang dimiliki
– Bagaimana semuanya itu terorganisasi ?
– Bagaimana semuanya berkesinambungan ?
Design Control menunjuk penerapan dari sebuah metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. Hal ini sering dianjurkan (oleh peraturan) untuk mengimplementasikan seperti ketika merancang dan mengembangkan produk dalam industri yang diatur .
Application Design melibatkan pengumpulan dan analisis fungsi bisnis pelanggan, kemudian merancang sebuah solusi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang diprioritaskan. Seorang Aplikasi Designer akan merancang, mengembangkan, menginstal, menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi dasar, termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.

Installation Media
 Digital media teknologi telah membuka peluang baru dan menarik dalam dunia desain. Media Desain mengeksplorasi beragam cara orang berinteraksi dengan teknologi digital saat ini – melalui pengalaman web, komunikasi visual dan audio, ditambah dan virtual reality, game dan media mobile. Daerah ini menyajikan tantangan khusus untuk desainer, menangani masalah komunikasi, bekerja, bermain dan kehidupan sehari-hari di bidang ini berkembang pesat.


Scenario Design
 adalah sebuah gambaran dari interaksi seseorang dengan sebuah system. Skenario membantu upaya dari fokus design terhadap kebutuhan pengguna yang jauh berbeda dari persyaratan dalam teknik atau bisnis. Scenario mungkin berkesinambungan dengan use-case yang menggambarkan interaksi pada level seorang teknisi. Tidak seperti use case, Scenario Design dapat dimengerti oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknik.

Design Simulation
 membantu para produsen memvalidasi dan menguji sebuah fungsi produk yang masih dalam tahap pengembangan,sebaik seperti dalam tahap manufaktur sebuah produk. kata “simulation” seringkali merujuk pada Computer aided Engineering (CAE). selama bertahun tahun, banyak dari pendekatan simulasi desain menjadi komponen standar dari pengembangan produk di banyak industri, dan terus tumbuh dengan kepentingan komputer yang murah,terjangkau dan lebih cepat, Software Design Simulation memungkinkan pengguna untuk beradaptasi dengan aplikasi dan teknologi yang baru.

Sound Design
 adalah proses menentukan, memperoleh, memanipulasi atau menghasilkan elemen audio. Hal ini digunakan dalam berbagai disiplin ilmu termasuk pembuatan film, produksi televisi, teater, rekaman suara dan reproduksi, live performance, seni suara, pasca produksi, radio dan video game pengembangan perangkat lunak. Desain suara paling sering melibatkan manipulasi sebelumnya terdiri atau rekaman audio, seperti efek suara dan dialog. Dalam beberapa kasus mungkin juga melibatkan komposisi atau manipulasi audio untuk menciptakan efek yang diinginkan atau suasana hati. Seorang desainer suara adalah orang yang melatih seni desain suara.

    Design Controls
Controls Yaitu penerapan dari sebuah metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk.

Usability Engineering
usability engineering adalah proses berulang untuk meningkatkan usability sistem.
Menurut ISO, usability adalah sejauh mana sebuah produk dapat digunakan berdasarkan pengguna spesifik untuk mencapai tujuan khusus dengan efektif, efisien dan kepuasan dalam konteks penggunaan yang telah di spesifikasikan.
Tiga pengukuran atribut usability yang didefinisikan oleh ISO adalah
¨      Efektif : akurasi dan kelengkapan dari tujuan khusus yang dicapai oleh user
¨      Efisien : sumber daya yang dikeluarkan untuk akurasi dan kelengkapan dari tujuan khusus yang dicapai user
¨      Kepuasan : kebebasan dari ketidaknyamanan, dan perilaku positif setelah menggunakan produk
Menurut Nielsen (1993) Usability dalam konteks adalah semua sistem yang dapat
   diterima.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar